Forum Komunitas ialah salah satu program dari Sewon Screening yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mempertemukan Komunitas dari berbagai Komunitas di seluruh Indonesia.  Dalam Forum Komunitas, akan berdiskusi tentang “Industri” Film yang bergerak dalam lingkup komunitas atau mahasiswa, Apresiasi Film Pendek, dan Perkembangan berbagai Komunitas Film.

Film merupakan suatu media yang mampu menyampaikan berbagai kreativitas dan inovasi pembuatnya.  Saat ini di era digital banyak kalangan berbondong bondong berkarya dan berkreasi melalui film. Salah satunya dari kalangan mahasiswa dan pelajar. Banyaknya film yang dimunculkan oleh kalangan tersebut menghasilkan suatu wadah untuk menyalurkan hobi sekaligus menjadi tempat berkumpulnya  mereka semua yang dinamakan Komunitas. Komunitas menjadi ruang untuk mengumpulkan gagasan-gagasan yang mereka miliki dan dijadikan sebuah visi serta misi di komunitas tersebut. Komunitas itu sendiri ada berbagai macam bentuknya dari komunitas yang bergelut di bidang produksi, apresiasi dan juga distribusi film. Tiap komunitas pun memiliki hubungan ke berbagai komunitas lain. Bagaimana komunitas yang bergerak dalam produksi pasti menghasilkan film yang kemudian akan diapresiasikan atau didistribusikan oleh komunitas yang  memang bergerak dalam bidang  tersebut. Dari situlah akhirnya  terjalin suatu hubungan mutualisme antar komunitas. Selain itu terkadang suatu komunitas mengadakan acara seperti Eksibisi film maupun Festival film. Acara tersebut dilaksanakan selain sebagai media untuk memberitahukan eksistensi suatu komunitas yang mengadakan acara tersebut, namun juga untuk menampung film dari daerah lain untuk bisa diapresiasi di daerah tempat terselenggaranya acara tersebut. Sehingga, berada dalam satu komunitas, menjadi jembatan bagi anggotanya untuk punya akses dan kemudahan berinteraksi serta mengikuti acara yang diadakan komunitas lain di luar daerahnya.

Komunitas film di Indonesia setiap tahun selalu bertambah seiring dengan semakin berkembangnya film di Indonesia. Dewasa ini perkembangan perfilman di Indonesia merambah cukup pesat, dari sekian banyaknya produksi film yang dilakukan diluar negeri hingga hadirnya produksi film yang menggandeng perusahaan industri luar negeri, dan munculnya film film alternatif yang diproduksi oleh komunitas membuat semakin banyaknya pilihan untuk menonton film. Tidak hanya komunitas produksi, komunitas apresiasai dan distribusi juga memiliki andil dengan mengembangkan layar menjadi wadah film film untuk dapat ditonton dan diapresiasi oleh publik. Namun dibalik kegiatan penyebarluasan wacana film langsung kepada publik, posisi komunitas tampak sulit berkembang dan kegiatannya terbatas. Posisinya semacam bayang-bayang yang ada, tapi seperti tidak ada. Hal ini menjadi pertanyaan besar. Seberapa besar peran dan dampak komunitas film bagi perkembangan industri perfilman di Indonesia. Akankah cakupan komunitas film hanya terbatas pada daerah asal komunitas. Hal ini menjadi salah satu problema bagi komunitas disamping masih sulitnya komunitas mengenal komunitas yang lain. Masih sulitnya barter karya dari komunitas satu ke komunitas lain. Serta masih sulitnya memperoleh database komunitas yang bergerak di bidang produksi, apresiasi dan distribusi. Hal ini memunculkan pertanyaan-pertanyaan lain seperti, apa yang sudah dilakukan komunitas tersebut,  bagaimana cara komunitas mempertahankan / menunjukan eksistensinya masing – masing. Bagaimana ruang lingkup dan fokus dari komunitas. Dari keresahan inilah diharapkan muncul pertanyaan dan pernyataan yang dibahas dalam diskusi yang bisa memberitahukan sekaligus memberikan solusi apa yang sedang dan akan terjadi di komunitasnya masing-masing.