Acara yang diselenggarakan pada 7 Oktober 2019 ini merupakan sebuah acara pemutaran film bagi masyarakat Sewon dan sekitarnya, terbuka untuk umum dan menghadiahkan doorprize berupa handphone.

            Rangkaian acara diawali dengan RT setempat memberikan pidato, yang kurang lebih mengutarakan rasa senang dan berharap bahwa kegiatan Sewon Screening akan menjadi kegiatan tahunan yang menghibur masyarakat setempat dan memberi wawasan yang baru dari dunia perfilman.         

            Pemutaran film pun dimulai dengan film pembuka Subur itu Jujur karya Gelora Yudhaswara, namun pemutaran film ini tidak berjalan dengan baik karena ada kendala teknis. Sehingga diberhentikan untuk beberapa saat, sebelum film kembali diputar.

            Seusai pemutaran film pertama selesai, diadakan Quiz dengan anak-anak penduduk setempat yang sedari tadi sudah hadir dan tampak antusias menghadiri acara Open Air, ketika pemandu acara melemparkan pertanyaan, banyak dari mereka berebutan mengacungkan jari berharap terpilih.

            Kakak beradik bernama Fatih dan Fatah mencuri perhatian pada malam ini, adiknya Fatih, Fatah. Tampak begitu lucu dan menggemaskan sehingga membuat banyak penonton terhibur dengan tingkah lugu yang Fatah tunjukkan di depan saat menjawab pertanyaan.

            Pemutaran pun kembali dilanjutkan dengan memainkan tiga film sekaligus yang terdiri dari: Banke karya Ayu Anggraini, Mandeh karya Roby Anggara, dan Kurang 2 Ons karya Haris Supriandi.

            Seperti biasa, setelah pemutaran film. Diadakan sesi diskusi dengan para filmmaker yang terlibat dari keempat film tersebut. Mereka menjelaskan beberapa proses yang dilalui dalam membuat film – film tersebut. Mulai dari bagaimana ide cerita didapat, hingga waktu untuk membuat film – film tersebut. Antusiasme penonton pun membuat sesi diskusi semakin seru dengan pertanyaan – pertanyaan variatif yang dilemparkan kepada para filmmaker. Open Air ditutup dengan selesainya sesi diskusi dengan filmmaker yang hadir.

Jangan lupa hadir di Sewon Screening #5 di FSMR Isi Yogykarta, 8-12 Oktober 2019. Sampai jumpa di Open Air Sewon Screening selanjutnya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *