Program

  1. 1. Pra Event
  2. a. Layar Tancep
  3. Merupakan program pemutaran film dan pergelaraan seni yang diadakan di titik wilayah kampus ISI Yogyakarta. Targetnya adalah masyarakat di sekitar kampus ISI Yogyakarta. Program ini bertujuan untuk memberikan tontonan alternatif kepada masyarakat sekitar berupa film.

  4. 2. Opening and Closing Ceremony
  5. Merupakan program perayaan sebagai tanda pembuka dan penutup rangkaian acara Sewon Screening dengan rangkaian acara spesial dan juga pemutaran film yang telah dipilih oleh tim program Sewon Screening.

  6. 3. Program Pemutaran
  7. a. Focus On
  8. Memutarkan film-film yang telah diproduksi oleh seorang alumni jurusan Film dan Televisi ISI Yogyakarta. Tiap tahun akan dipilih satu nama untuk menjadi wajah program Focus On.

  9. b. Special Screening
  10. Program ini merupakan pemutaran film panjang tertentu yang telah dipilih oleh tim program Sewon Screening yang diharapkan mampu memberikan ruang pengalaman menoton yang berbeda.

  11. c. Pemutaran Utama
  12. Program ini merupakan pemutaran film-film yang berasal dari submisi atau pendaftaran yang sebelumnya telah melalui proses kurasi dan di seleksi oleh selektor. Bagi film maker yang karyanya lolos kurasi akan diundang untuk menghadiri acara sewon screening guna mengisi sesi diskusi setelah sesi pemutaran. Hal ini dilakukan untuk mempertemukan film maker dengan penontonnya.

  13. 4. Program Non Pemutaran
  14. a. Public Discussion
  15. Merupakan wadah diskusi dalam forum yang besar bersama para ahli di bidangnya. Tahun ini sesuai tema festival “Ekosistem” program ini akan menyediakan ruang diskusi mengenai ekosistem perfilman yang tidak hanya bergerak dibidang produksi dan pemutaran, tapi juga bergerak di bidang apresiasi, distribusi, arsip, dan pendidikan.

  16. b. Kelas Bunga Matahari
  17. Melihat kurangnya kajian mengenai film sekarang maka program ini bertujuan mengajak peserta untuk belajar mengapresiasi dan mengkritik film dalam bentuk tulisan atau lisan.

  18. c. Forum Komunitas - Kompetisi dan Diskusi
  19. Forum Komunitas merupakan program non-pemutaran yang dihadiri oleh komunitas film berbasis kampus maupun non-kampus dengan tujuan untuk mempererat dan memperluas jaringan antar penggiat film. Kegiatan ini nantinya akan dimoderatori oleh pemateri yang mumpuni serta obrolan ringan antar komunitas. Kompetisi forum komunitas diikuti oleh antar komunitas yang hadir, kegiatan ini ditujukan untuk merekatkan hubungan antar komunitas yang hadir.

  20. d. Sewon Market
  21. Program dalam bentuk penyediaan tenant dan booth yang akan menyediakan berbagai jenis produk konsumsi dan juga merchandise yang akan disediakan sepanjang acara Sewon Screening berlangsung.