Tentang Sewon Screening #5

Sewon Screening adalah salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Televisi dan Film yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015. Program ini berbentuk ekshibisi film.

Melalui kesempatan ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan Televisi dan Film mencoba memberi akses untuk mempertemukan karya film yang lingkupnya lebih luas dari komunitas maupun non-komunitas di Indonesia kehadapan masyarakat umum dan mahasiswa jurusan Televisi dan Film. Oleh karena itu, acara Sewon Screening diharapkan dapat menjadi salah satu wadah apresiasi untuk film alternatif.

“Angin Segar” merupakan tema yang menjadi patokan untuk acara Sewon Screening semenjak tahun lalu. Mengingat dari zaman ke zaman sebuah karya film pasti akan mengalami perkembangan, baik dari segi teknis, estetika, maupun unsur-unsur lainnya. Maka dari itu, dengan mengunakan tema ini diharapkan HMJ Televisi dan Film dapat mengadakan pemutaran film yang bersifat fresh atau menyegarkan setiap tahunnya mengikuti setiap perkembangan dengan sudut pandang tertentu. Dengan harapan film-film yang diputar dapat memberi pengalaman yang berguna bagi penonton nantinya. Sewon screening 2019, memiliki subjudul Ecosystem;Meridian dengan maksud ingin membuat festival film ke-5 ini dapat lebih mengembangkan ekosistem perfilman, yaitu; Pendidikan, arsip, distribusi, pemutaran, apresiasi, dan produksi.

Selayaknya Festival Film atau pameran untuk menikmati bentuk karya seni lain proses kurasi sangat membantu dalam mempertemukan karya seni budaya kehadapan penikmatnya. Kurasi dapat menjadi filter atau bahkan guide bagi penikmat seni yang kadang awam untuk dapat menikmati seni dengan baik dan mudah, kurasilah yang menjembatani jarak diantara keduanya. Proses kurasi dalam Sewon Screening lebih merujuk pada bentuk pertanggung jawaban kami selaku penyelenggara terhadap publik. Melalui proses kurasi, kami dapat menentukan film seperti apa yang layak atau bahkan penting untuk mereka tonton, dalam upaya edukasi penonton, tentu proses kurasi merupakan hal mutlak diperlukan.

Sewon screening akan mengadakan acara festival yang ke-5, dimana acara festival ini berlangsung selama setahun sekali dan menjadi salah satu diantara festival film yang terus berkembang di setiap tahunnya. Festival ini sudah mencakup beberapa partisipan, film maker, dan komunitas nasional dan diikuti oleh puluhan komunitas film, baik komunitas film kampus maupun independent. Komunitas yang ikut hadir dalam Sewon Screening berasal dari bermacam- macam daerah, diantaranya, Yogyakarta, Jember, Solo, Malang, Bali, Aceh, Lampung, Jakarta, Bogor, Surabaya, bandung, Semarang, Sidoarjo, Makassar, Malang, Tangerang, Padang, dsb. Banyaknya para komunitas yang berpartisipasi terus berkembang setiap tahunnya. Masuknya film-film submission internasional juga mendukung keberadaan Sewon Screening untuk berkembang ke festival internasional. Nama Sewon Screening sendiri sudah diakui dalam ruang lingkup festival film karena menyajikan film-film yang menarik dan out of the box. Sistem temu komunitas Sewon Screening yang berdasarkan pada menjunjung tinggi keramahan, pelayanan, sehingga terjalainnya koneksi dn relasi antar komunitas, dijadikan tolak ukur pada beberapa festival film lainnya.

Sewon screening juga mengundang banyak film maker handal untuk melakukan edukasi, seminar, serta diskusi film menarik. Diantaranya, Ismail Basbeth, Ifa Isfanyah, Edwin, andy pulung, Edi Cahyono.